Banyaknya Pulau-pulau Tak Berpenghuni Di Indonesia


ZonaIndonesi4 - Dengan jumlah pulau sebanyak 17.504 pulau Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia, ternyata dari jumlah tersebut hanya 12,38% atau sekitar 2.342 pulau yang berpenghuni, sisanya 87,62% atau sebanyak 15.337 pulau tidak berpenghuni.

Hal itu dikemukakan Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sudirman Saad, seperti diberikan Pusdatin KKP, Rabu (15/5).

Sudirman menjelaskan, dari jumlah 17.504 pulau tersebut pemerintah Indonesia tahun 2007 pada Sidang PBB UNCSGN (United Nations Conference on the Standardization of Geographical Names) di New York, telah mendepositkan sejumlah 4.981 pulau ke PBB.

Dan tahun 2012 jumlahnya sudah mencapai 13.466 pulau yang sudah didepositkan. “Kami berharap pada tahun 2014 toponimi dan deposit nama pulau di PBB selesai,” kata Sudirman.

Sudirman juga menjelaskan pemerintah melalui KKP menawarkan 20 pulau-pulau kecil di Indonesia, antara lain Pulau Lepar di Bangka Belitung, Enggano (Bengkulu), Kemujan (Jateng), Maradapan (Kalsel), Maratua (Kaltim), Sebatik (Kaltim), Siantar (Kepulauan Riau), Gili Belek (NTB), Pasaran (Lampung), Dullah (Maluku), Koloray (Maluku Utara), dan Alor (NTT).

Sedangkan pulau lainnya adalah pulau Mansuar di Papua Barat, Battoa (Sulbar), Selayar (Sulsel), Samatellu Pedda (Sulsel), Lingayan (Sulteng), Manado Tua (Sulut), Gangga (Sulut), dan Mentehage (Sulut).

“Tawaran pemerintah kepada swasta untuk mengelola 20 pulau kecil mulai tahun ini, dengan harapan agar kontribusi yang diberikan pihak swasta dapat memberdayakan masyarakat di pulau-pulau tersebut,” tambahnya.

Sudirman menambahkan, untuk tahun 2012, KKP memfokuskan pembangunan 12 pulau kecil terluar, meliputi Pulau Sebatik, Nusakambangan, Miangas, Marore, Marampit, Lingayan, Maratua, Wetar, Alor, Enggano, Simuk, dan Dubi Kecil.

Pertimbangannya, meski memiliki sumber daya alam yang besar, namun pulau-pulau ini juga memiliki banyak keterbatasan, khususnya terkait kondisi masyarakatnya.

Pada umumnya pulau-pulau kecil terluar ini masih tertinggal, terutama terkait ketersediaan infrastruktur yang terbatas.

“Pembangunan pulau-pulau ini memang memerlukan partisipasi semua pihak, termasuk perguruan tinggi,” tegas Sudirman.


Comments

loading...